Ciri kulit wajah yang sehat menurut dokter

Ciri kulit wajah yang sehat menurut dokter

Jakarta (redaksipil) – Dokter Farhan Zubedi menyampaikan beberapa tanda kulit wajah yang sehat, antara lain permukaan yang tidak kusam, sebum yang terkontrol dengan baik,⁤ terhidrasi, dan memiliki tekstur yang kenyal.

Lulusan Universitas ‌Syiah Kuala tersebut pada konferensi pers di Jakarta, Minggu (9/6), menuturkan bahwa tanda kesehatan kulit juga ⁤mencakup indikasi penuaan seperti kerutan pada area dahi atau pipi.

“Kesehatan kulit tidak dinilai dari warna. Kita seringkali‍ memiliki standar kecantikan yang sangat ekstrem, harus putih dan cerah… Tapi sebenarnya, itu⁣ bukan indikator apakah kulit sehat atau tidak,” ujar​ kreator konten kesehatan itu.

Kulit yang sehat, lanjutnya,‌ akan‌ terlihat ‌cerah dan memiliki tekstur ⁣yang baik, terlepas dari warnanya⁤ yang gelap atau terang.

“Pigmentasi kulit bukanlah cara untuk menentukan kesehatan kulit. Namun,‌ hasil ⁢penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kulit gelap lebih tahan lama dibandingkan⁢ yang berkulit terang karena memiliki kandungan melanin yang tinggi,” katanya.

Ia menjelaskan, melanin ⁣berfungsi⁢ sebagai pelindung kulit dari efek paparan sinar ultraviolet hingga polusi.

“Itulah sebabnya, saat kita terkena sinar matahari, kulit kita menjadi cokelat, itu sebenarnya⁣ adalah reaksi tubuh untuk melindungi kita dengan meningkatkan ⁢produksi melanin,” katanya.

Dokter Farhan juga menekankan pentingnya membersihkan⁣ wajah dengan benar untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Saat membersihkan riasan, ia menyarankan agar ⁣kapas yang digunakan untuk menghapus riasan⁢ di suatu ⁢area wajah tidak dipakai kembali.

“Jangan menggunakan kain yang sama pada area yang sama ‍agar tidak ada kotoran yang menempel,” katanya.

“Jadi, kalau bisa gunakan satu​ kapas untuk satu ⁢usapan.​ Ganti dengan sisi lain yang ​bersih, karena kapas itu tebal, atau gunakan sisi lainnya.⁢ Tapi sebaiknya jangan melewati area yang sama⁤ dengan kapas yang sudah digunakan,” tambahnya.