Dokter uraikan penyebab umum telinga sakit

Dokter uraikan penyebab umum telinga sakit

Jakarta (ANTARA) –

Menurut dokter ahli saraf ada beberapa penyebab utama di balik sebagian besar kasus sakit telinga.
Ditulis dari laman Popsugar, Kamis, Courtney Voelker, MD, PhD mengatakan sakit pada telinga seperti saat menelan, bisa disebabkan karena pembukaan saluran eustachius, yaitu saluran yang membantu mengalirkan cairan dari telinga tengah dan menyeimbangkan tekanan udara di dalam telinga, terjadi penumpukan cairan dan menimbulkan rasa sakit.
Saluran ini terletak di bagian belakang hidung dan tenggorokan.
Tapi Anda juga bisa mengalami sakit telinga saat menelan karena infeksi tenggorokan, kata Linda Dahl, MD, spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan di Rumah Sakit Northwell Lenox Hill.
Baca juga: Dokter ingatkan masyarakat deteksi gangguan pendengaran sejak dini

Baca juga: Ketahui dampak mendengar musik melalui earphone terhadap telinga

“Ada sedikit saraf yang melewati telinga hingga ke tenggorokan, Itu adalah rasa sakit yang dirujuk,” katanya.
Sementara itu, jika anda merasa sakit saat menyentuh telinga bagian dalam bisa jadi infeksi telinga bagian luar, seperti telinga perenang, kata Dr. Dahl.
Telinga perenang adalah infeksi pada saluran telinga luar, yang membentang dari gendang telinga ke luar, menurut Mayo Health center.
Sakit telinga Anda kemungkinan besar disebabkan oleh rahang yang mengatup jika Anda menekan bagian depan telinga dan merasakan sakit, tambah Dr. Voelker.
Dr. Dahl mengatakan sakit di telinga saat Anda menggigit makanan atau mengunyah permen karet kemungkinan besar itu terkait dengan sendi temporomandibular (TMJ) , yang menghubungkan tulang rahang ke tengkorak.
Gangguan temporomandibular dapat menyebabkan nyeri dan masalah pada sendi rahang, serta otot yang mengontrol pergerakan rahang dan juga dapat menyebabkan sakit telinga, telinga berdenging, dan pusing, menurut National Institute of Dental and Craniofacial Learn.
Lain halnya lagi dengan telinga yang terasa tersumbat, dr. Dahl mengatakan gejala ini juga bisa dikaitkan dengan disfungsi saluran eustachius, yaitu adanya penyumbatan di belakang gendang telinga, cairan di telinga tengah, infeksi telinga tengah, infeksi telinga luar, atau sesuatu yang tersangkut di telinga.
Sakit telinga saat menguap atau bersendawa bisa disebabkan oleh banyak faktor, kata Dr. Dahl, termasuk infeksi tenggorokan, infeksi telinga tengah, cairan di telinga tengah, atau infeksi telinga luar.
“Bisa juga berasal dari sendi temporomandibular dari mengatupkan atau menggemeretakkan gigi,” kata Dr. Dahl.
Terakhir, jika telinga sakit karena bersin, Ini mungkin terkait dengan saluran eustachius Anda, jelas Dr. Voelker.
“Saat Anda membuang ingus atau bersin, udara bisa naik ke saluran eustachius ke ruang telinga tengah, Itu bisa menyebabkan gendang telinga menggembung,” jelasnya,
Jika Anda mengalami peradangan atau infeksi apa pun di telinga tengah, hal itu dapat menyebabkan banyak rasa sakit, kata Dr. Voelker.

Baca juga: Dokter paparkan jenis-jenis radang telinga tengah pada anak

Baca juga: Pembesaran amandel jadi faktor risiko anak kena radang telinga

Baca juga: Antibiotik tak melulu diperlukan untuk atasi radang telinga tengah

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024