Jakarta (REDAKSIPIL) - Google secara resmi memperkenalkan NotebookLM, sebuah mannequin penelitian dan penulisan berbasis kecerdasan buatan (man made intelligence) dengan peningkatan fitur dan perluasan penggunaan di sejumlah negara. “Musim panas lalu kami memperkenalkan NotebookLM, asisten penelitian dan penulisan bertenaga man made intelligence (AI). Kami bersemangat untuk berbagi bahwa kami membawa versi NotebookLM yang ditingkatkan,” kata

Google perkenalkan NotebookLM berbasis AI dengan peningkatan fitur

Jakarta (redaksipil) – Google resmi meluncurkan NotebookLM, ⁢sebuah model ‍riset dan​ penulisan yang didukung oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence ‍atau AI), dengan fitur-fitur yang ditingkatkan serta perluasan jangkauan pengguna di ⁢berbagai negara.

“Musim panas lalu, kami memperkenalkan NotebookLM, asisten riset dan penulisan ​bertenaga ‌AI. Kami sangat bersemangat untuk mengumumkan bahwa kami kini memperkenalkan versi NotebookLM yang lebih canggih,” kata Steven Johnson, Direktur Editorial Google Labs, dalam sebuah konferensi pers daring yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Steven menjelaskan bahwa NotebookLM, yang sebelumnya‌ dikenal dengan nama Project Tailwind, adalah sebuah jenis buku catatan inovatif yang dirancang untuk membantu orang ​mempelajari sesuatu dengan lebih cepat.

Seiring dengan perkembangan produk berbasis AI‍ ini, NotebookLM sekarang telah dilengkapi dengan perangkat lunak canggih dari Google, yakni Gemini 1.5 Pro.

Menurut Steven, NotebookLM memudahkan seseorang untuk membuat buku catatan dan mengunggah dokumen untuk proyek atau tugas tertentu. Model ⁤ini juga memungkinkan pengguna untuk membaca, membuat catatan, mengajukan pertanyaan, atau meminta NotebookLM untuk ⁢membuat⁢ rangkuman otomatis dari semua sumber ‌studi, termasuk daftar ‌isi.

“NotebookLM memberikan alat yang kuat bagi pengguna untuk membuat​ koneksi dan menghasilkan wawasan dari koleksi dokumen⁣ yang besar. Baik digunakan untuk membangun dunia imajiner, menulis biografi terlaris, atau membantu tenaga penjualan menemukan pelanggan baru,” tambahnya.

Pada kesempatan yang⁤ sama, Manajer Produk Google Labs, Raiza Martin, mengatakan ‍bahwa produk ini‍ bertujuan untuk membantu pengguna berpikir ‌dengan lebih baik melalui AI yang dipersonalisasi, ⁣berdasarkan informasi yang dapat​ dipercaya.

“Tim yang bereksperimen dengan AI ​generatif memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam menciptakan aplikasi AI baru,” ujarnya.

Raiza menyampaikan bahwa ketersediaan awal ‌NotebookLM ditujukan untuk pengguna di Amerika Serikat dan⁣ sekitarnya. Namun, sekarang jangkauannya ⁢telah diperluas ke lebih dari 180 negara, termasuk Australia, Kanada, Jepang, ⁣India, dan lainnya.

Selain itu, terdapat integrasi baru yang mendukung sumber daya baru, ⁤termasuk Google Slides dan URL Web. Kemudian, fitur kutipan sebaris akan menampilkan kutipan paling relevan​ dari sumber asli, ‍serta​ menghasilkan panduan belajar dan ringkasan, serta menyarankan pertanyaan berdasarkan sumber.

Fitur terakhir ⁤adalah kemampuan multimodal yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan tentang gambar, grafik, dan plot ⁣dalam Google Slides ‌atau Docs. “NotebookLM bahkan akan menyertakan⁤ kutipan ‍gambar sebagai bukti pendukung jika relevan,” ‍tutur⁤ Raiza.