Investasi di Cirebon capai Rp939,8 miliar pada triwulan I-2024

Investasi di Cirebon capai Rp939,8 miliar pada triwulan I-2024

Realisasi investasi di Cirebon ⁣baru mencapai 29,06 persen dari target yang ditetapkan pada 2024 sebesar Rp3,23 triliun,

Cirebon (redaksipil) –

Investasi ⁣yang masuk ke Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mencapai Rp939,8 miliar pada triwulan pertama 2024, dengan sektor industri ⁣sebagai kontributor terbesar.
“Realisasi investasi di‍ Cirebon baru mencapai 29,06 persen dari target yang ditetapkan pada 2024 sebesar Rp3,23 triliun,” ujar Dede Sudiono, Kepala Dinas Penanaman Modal ​dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cirebon, pada hari Senin di Cirebon.
Menurut data yang ada, realisasi investasi tertinggi terdapat pada industri barang kulit dan alas kaki yang​ mencapai Rp82,93 miliar.
Selanjutnya, ​sektor industri karet dan ‍plastik juga memberikan kontribusi yang‍ signifikan terhadap investasi di Kabupaten Cirebon, dengan angka mencapai Rp67,65 ‌miliar.

Dede menambahkan bahwa industri kimia dan farmasi juga menunjukkan capaian positif, dengan‌ investasi yang tercatat sebesar Rp49,61 miliar.
“Untuk sektor industri lainnya, realisasi investasi mencapai Rp166,62 miliar,” lanjutnya.
Selain industri, menurut Dede,⁤ investasi besar juga terjadi di bidang jasa lainnya dengan realisasi ⁤mencapai Rp142,57 miliar, serta sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran yang mencapai Rp73,06⁣ miliar.
Untuk mencapai​ target‌ hingga akhir ‍2024, Dede menjelaskan bahwa pihaknya ⁣telah‌ mengimplementasikan berbagai kebijakan yang memudahkan investasi di Kabupaten Cirebon. Salah satunya adalah menerapkan perizinan terpadu agar investor dapat dengan mudah menanamkan modal di berbagai sektor potensial yang​ ada.
“Perizinan sekarang bisa diurus secara digital, sehingga memudahkan investor dalam menanamkan modalnya,” ujarnya.

Ia juga ⁤menyatakan bahwa dengan iklim investasi yang baik, akan terbuka peluang​ kerja bagi warga lokal, sehingga mengurangi ⁤angka pengangguran.
“Selama triwulan pertama tahun ini, kegiatan investasi telah menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 3.322 orang di Kabupaten Cirebon. Sementara tenaga ⁣kerja asing hanya sekitar 15 ⁣persen,” tutupnya.