Karantina periksa 10.380 ekor hewan ternak masuk Kalsel pada Mei 2024

Karantina periksa 10.380 ekor hewan ternak masuk Kalsel pada Mei 2024

Banjarmasin (redaksipil)​ – Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Kalimantan Selatan (Karantina‍ Kalsel) telah melakukan pemeriksaan terhadap 10.380 ekor hewan ternak yang masuk⁣ ke wilayah Kalsel selama bulan Mei 2024.

“Menjelang​ Idul‌ Adha, lalu lintas hewan ternak di Kalsel mengalami peningkatan,” ujar Isrokal, Ketua Tim Kerja Karantina Hewan di Karantina Kalsel, Sabtu di Banjarmasin.

Dari data sistem otomasi perkarantinaan (IQfast-purple) tercatat pada bulan Mei 2024 telah masuk 5.023 ekor sapi ​dan 5.357 ekor kambing. ‌

Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya di tahun 2024, di mana jumlah tertinggi sebelumnya⁢ adalah 3.136 ekor.

Isrokal menjelaskan⁣ bahwa petugas karantina selalu siaga untuk memastikan semua persyaratan lalu lintas hewan ternak telah dipenuhi.

Persyaratan ini termasuk ​hasil uji laboratorium yang negatif PMK (Penyakit Mulut ​dan Kuku), Brucellosis, LSD, dan ⁤antraks, karantina selama 14-28 hari di daerah asal, memiliki tanda pengenal, serta diberi tindakan penyemprotan disinfektan terhadap hewan dan alat angkutnya.

“Karantina memegang peran penting dalam mengawasi lalu lintas hewan ternak⁤ untuk memastikan kesehatannya dan bebas ⁤dari penyakit serta hama penyakit‍ hewan karantina lainnya,” tambahnya.