Nestle dukung lansia jalani hidup sehat dan pemenuhan gizi

Nestle dukung lansia jalani hidup sehat dan pemenuhan gizi

Jakarta (redaksipil) – Pabrikan makanan dan minuman Nestlé meluncurkan program khusus bagi para lanjut usia yang bertujuan untuk mendukung mereka ⁤menjalani ⁤hidup lebih sehat dengan memberikan informasi mengenai⁤ pentingnya⁤ memenuhi kebutuhan gizi serta rutin beraktivitas ⁤fisik, melalui ​acara RestorActive Fest.

Ade Rustama,​ Sekretaris ​Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, memberikan ⁣apresiasinya terhadap program ini ​yang dianggap turut serta mendukung strategi nasional lansia (Perpres​ No ‌88 tahun 2021) melalui inisiatif “4 Sehat 5 Bahagia” yang sudah berlangsung sejak​ tahun 2023.

“Kolaborasi strategis‌ ini membantu pemerintah⁤ memperbaiki kualitas hidup⁤ lansia di Indonesia, membuat ⁣mereka‌ lebih berdaya. Semoga komitmen Nestlé melalui RestorActive Fest terus berkembang​ dan berkelanjutan secara nasional,” ujarnya dalam siaran ⁣pers yang diterima pada hari Rabu.

RestorActive Fest sendiri adalah ‍hasil dari kerja sama Pentahelix⁤ redaksipil Nestlé‍ Improve Optimum dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Pengurus Pusat Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PP PERGEMI), divisi ​Geriatri FKUI RSCM, dan beberapa komunitas lansia. Acara ‌ini diadakan pada hari Selasa, 28 Mei 2024 di Taman Ismail Marzuki.

Erfin Suraida, Enterprise Gov Officer dari Nestlé Health Science, menjelaskan bahwa Nestlé Improve Optimum berkomitmen secara aktif untuk menginspirasi para lansia dalam menjaga kualitas hidup mereka. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan ‍memaksimalkan ‍potensi makanan untuk memperbaiki kualitas hidup ‍individu, kini⁣ dan untuk generasi mendatang.

“Nestlé Improve Optimum aktif dalam mendorong para ⁢lansia melalui kegiatan berkesinambungan⁣ dan ‌berfokus pada edukasi ‘4 Sehat 5 Bahagia’, yang melibatkan pemenuhan ⁤gizi,‍ konsumsi makanan bergizi seimbang, ​istirahat, dan aktivitas fisik untuk‌ mencapai kebahagiaan,” kata Erfin.

Program ini adalah tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan oleh Nestlé Improve Optimum bersama PP PERGEMI dan divisi Geriatri FKUI RSCM yang melibatkan 120 lansia⁤ selama 12 minggu, untuk melihat pengaruh konsumsi Improve Optimum dan latihan fisik terhadap kesehatan lansia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi Improve Optimum dan latihan fisik ⁤secara tertatur dapat mencegah kerentaan otot, memperbaiki kekuatan otot,‌ dan meningkatkan kualitas hidup, terutama jika dilakukan sedini⁤ mungkin.

“Untuk menjaga kemandirian pada usia lanjut, penting⁣ bagi lansia untuk fokus pada pemenuhan gizi seimbang serta aktif bergerak. Suplementasi yang kaya protein dikombinasikan dengan latihan fisik rutin sangat penting untuk mencegah kerentanan otot, memperbaiki kekuatan otot,‍ dan meningkatkan kualitas hidup,” ujar Prof‍ Dr. dr. Siti ‍Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM, seorang dokter spesialis penyakit dalam⁢ konsulen geriatri.

Nestlé Improve Optimum, bersama Kemenko⁤ PMK dan PP ⁢PERGEMI, juga memperluas jangkauan program ⁤RestorActive ke berbagai puskesmas dan komunitas lansia di Jakarta dan kota-kota ​lainnya di Indonesia.