Peneliti China Temukan Makanan yang Bisa Bikin Panjang Umur

Peneliti China Temukan Makanan yang Bisa Bikin Panjang Umur

Jakarta, redaksipil – Beberapa peneliti dari China menemukan bahwa kesejahteraan mental merupakan salah ‌satu faktor ‌kunci​ yang memengaruhi kesehatan manusia seiring bertambahnya usia. Berdasarkan⁢ studi yang diterbitkan di jurnal Nature Human ⁣Habits, konsumsi keju dan buah⁢ memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan mental dan membantu tubuh menua lebih baik.

“Kesejahteraan mental yang mencakup ⁤kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial, memiliki keterkaitan erat dengan berbagai perilaku gaya hidup serta morbiditas yang berhubungan dengan proses penuaan sehat,” ⁣ujar salah satu penulis studi tersebut, seperti dikutip⁤ dari Newsweek, pada Kamis (20/6/2024).

Dalam penelitian yang dipimpin oleh Wei-Qing Wang dari Shanghai Jiao Tong College College of Treatment, para peneliti menguraikan hasil analisis data‌ dari 800 ribu hingga 2,3 juta individu untuk menelaah hubungan antara ‌kesejahteraan mental dan penuaan yang lebih ​sehat. Sebagai‌ catatan, penelitian ini tidak memperhitungkan faktor ⁤kekayaan dan‍ kemiskinan dari ‍para partisipan.

Hasilnya, para ahli mengidentifikasi‌ bahwa ⁢individu ⁢dengan kesehatan mental‍ yang lebih baik cenderung memiliki daya tahan‌ tubuh yang lebih kuat, tingkat kesehatan yang lebih tinggi, serta jangka hidup yang lebih panjang, yang⁢ berujung⁤ pada proses​ penuaan yang lebih sehat.

Selain⁣ itu, studi juga menunjukkan bahwa kebiasaan kurang beraktivitas, sering merokok, dan terlalu ⁤banyak menonton ⁣TV berhubungan erat dengan kondisi ⁣kesehatan ⁤yang lebih buruk. Sebaliknya, mengonsumsi lebih banyak keju dan buah-buahan ⁢berkaitan dengan kesehatan yang lebih baik.

“Kami menemukan bahwa faktor gaya hidup, seperti menonton TV, merokok, asupan keju dan buah segar, serta perilaku dan kinerja,⁤ seperti penggunaan obat antihipertensi dan NSAID, kinerja kognitif, dan usia menarche, masing-masing memediasi 1,82 persen hingga 9,54 persen dari total efek kesejahteraan terhadap kesehatan selama proses penuaan,” tulis⁣ para peneliti dalam ‍laporannya.

“Sebagian besar mediator ini merupakan faktor​ risiko terkait hasil penuaan. Temuan ini memperluas pemahaman kita tentang peran mereka dalam menghubungkan kesejahteraan mental dengan proses penuaan yang sehat,” tambah laporan tersebut.

Para peneliti menyimpulkan ‍bahwa kesejahteraan ​mental memegang peranan⁤ sangat penting dalam‌ menentukan panjang umur seseorang. Selain itu, ​kemampuan untuk mengelola stres juga berpengaruh signifikan terhadap proses penuaan yang baik atau buruk.

“Temuan ini menekankan pentingnya kesejahteraan mental ‍dalam mendorong penuaan yang sehat,” ‌tulis para peneliti.

[redaksipil.com]


(rns/rns)


Jakarta, redaksipil – Peneliti dari China menemukan bahwa ⁤kesejahteraan mental merupakan salah satu faktor utama yang⁢ mempengaruhi kesehatan manusia‌ seiring bertambahnya usia. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature Human Habits, konsumsi keju ​dan​ buah-buahan ternyata berperan penting ‌dalam meningkatkan kesejahteraan mental dan⁣ membantu tubuh menua dengan lebih baik.

“Kesejahteraan mental, yang mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial, memiliki kaitan erat dengan berbagai perilaku gaya hidup⁤ dan tingkat morbiditas yang terkait dengan penuaan sehat,” kata salah satu penulis studi⁢ tersebut, dikutip dari Newsweek,⁢ Kamis ‌(20/6/2024).

Dalam penelitian yang dipimpin oleh Wei-Qing Wang dari Shanghai Jiao Tong College College ⁣of Treatment, para peneliti menganalisis data dari 800 ribu‌ hingga 2,3 juta individu untuk mengeksplorasi⁤ hubungan ⁤antara kesejahteraan mental dan penuaan yang lebih‌ sehat. Penting‌ untuk dicatat, penelitian ini tidak mempertimbangkan faktor kekayaan atau kemiskinan dari ​subjek penelitian.

Hasil kajian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kesehatan mental lebih baik cenderung memiliki peningkatan daya tahan tubuh, kualitas kesehatan yang lebih tinggi, dan meningkatkan harapan ‍hidup, yang pada akhirnya mengarah pada ⁣proses penuaan yang lebih sehat.

Selain itu, studi juga mengungkapkan bahwa kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok, dan terlalu banyak menonton televisi berhubungan erat dengan kondisi kesehatan yang‍ kurang baik. Sebaliknya, konsumsi keju dan buah-buahan yang lebih banyak berkorelasi dengan kesehatan yang lebih baik.

“Kami menemukan ‍bahwa faktor gaya ⁢hidup, seperti menonton TV, merokok, konsumsi keju dan buah segar, serta perilaku dan performa tertentu, seperti penggunaan obat antihipertensi dan NSAID, kinerja kognitif, dan‍ usia menarche, masing-masing memediasi 1,82%⁤ hingga 9,54% dari total efek kesejahteraan terhadap kesehatan penuaan,” tulis ‍para peneliti dalam laporannya.

“Sebagian besar‌ mediator ini adalah faktor risiko yang berhubungan dengan hasil terkait penuaan. Temuan kami memperluas peran mereka dalam menghubungkan kesejahteraan mental⁤ dengan penuaan yang sehat,” lanjut laporan tersebut.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kesehatan mental memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan lama hidup seseorang. Selain itu, kemampuan ⁢mengelola stres juga berpengaruh besar terhadap kualitas proses penuaan.

“Temuan ini menekankan pentingnya kesejahteraan mental dalam ⁢mendorong penuaan yang sehat,” tulis para peneliti.

[redaksipil.com]


(rns/rns)



(rns/rns)