PLN pulihkan 100 persen listrik di Lampung usai gangguan transmisi

PLN pulihkan 100 persen listrik di Lampung usai gangguan transmisi

Bandarlampung (redaksipil) – PT PLN (Persero) telah berhasil menormalkan kembali seluruh pasokan listrik​ yang⁣ menyuplai masyarakat di Provinsi Lampung setelah mengalami gangguan transmisi pada Selasa (4/6).

“Kami terus berupaya memulihkan kondisi sistem kelistrikan yang sempat terganggu,‍ dan ‌alhamdulillah kondisi kelistrikan telah kembali normal,” ujar Licensed Supervisor PT PLN (Persero) UID⁣ Lampung, Sugeng Widodo, ‌dalam pernyataannya di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa gangguan tersebut terjadi pada jaringan Saluran Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Lubuk Linggau-Lahat, yang merupakan ​jaringan⁢ interkoneksi dengan wilayah Sumatera, sejak Selasa (4/6).

Akibat gangguan tersebut, lebih dari 15 ribu gardu ⁤distribusi‍ yang⁣ memasok listrik untuk pelanggan mengalami kendala.

Sugeng mengungkapkan bahwa setelah terjadinya gangguan, PT PLN (Persero) ​Unit Induk Distribusi ​(UID) Lampung bergerak cepat melakukan pemulihan dari sisi distribusi dan berkoordinasi dengan‍ pengambil ⁢kebijakan untuk mempercepat pemulihan pasokan listrik di Provinsi Lampung.

Proses penormalan listrik melibatkan penanganan ⁣pada 267 penyulang tegangan menengah‍ 20kV yang menyuplai 15.600 gardu distribusi, serta 2,6 juta pelanggan.

Sejak gangguan terjadi, Sugeng dan tim​ terus mengupayakan pemulihan kelistrikan dengan cepat, sambil tetap menjaga keselamatan dan kualitas pekerjaan oleh ‌petugas PLN untuk memastikan layanan kelistrikan kembali normal.

Menurut Sugeng, keberhasilan PLN dalam menormalkan sistem kelistrikan ini berkat upaya dan dukungan dari seluruh pemangku ⁢kepentingan serta masyarakat, sehingga ⁢saat ini semua pelanggan sudah kembali mendapatkan pasokan listrik 100 persen.

Sugeng melaporkan pada Kamis (6/6) dini hari pukul 00.59 WIB, kondisi kelistrikan di Lampung telah kembali ‌normal 100 persen dan sebanyak 2,6 juta pelanggan telah bisa menikmati aliran listrik ⁤lagi.

Ia juga memantau langsung aktivitas pemulihan kelistrikan Lampung ‌dari ruang Distribution Control Center ⁤(DCC) PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Lampung.

“Ratusan pegawai PLN di seluruh unit telah dikerahkan untuk optimalisasi dan percepatan penormalan‌ sistem kelistrikan yang terdampak hingga Lampung,” ungkap Sugeng.

PLN ⁣menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, serta berterima kasih ​kepada seluruh pemangku kepentingan dan ​masyarakat di Lampung yang telah memahami kondisi⁤ yang terjadi dan menjaga situasi ⁤tetap kondusif.

“Berkat dukungan dan doa dari​ seluruh stakeholder dan tentunya pelanggan kami, semua masyarakat Lampung, Alhamdulillah upaya kami untuk memulihkan kembali pasokan listrik di Lampung telah mencapai 100 persen,” ⁤pungkas Sugeng.