Rumah Sakit Atma Jaya buka layanan kesehatan lansia terpadu

Rumah Sakit Atma Jaya buka layanan kesehatan lansia terpadu

Jakarta​ (redaksipil) – ⁤Rumah ⁢Sakit Atma Jaya (RSAJ) Jakarta telah memperkenalkan layanan kesehatan terpadu untuk lansia, yang mereka sebut sebagai Atma Jaya Geriatrics & Wellness Centre. Pusat kesehatan⁤ ini menyediakan dokter spesialis yang menangani penyakit khusus lansia, serta layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pasien lansia.

“Pentingnya ⁢memberikan perhatian khusus kepada kelompok usia lanjut, mengingat ⁣mereka sering kali memiliki komorbiditas atau mengidap lebih dari satu penyakit secara bersamaan,” ungkap Direktur ‌Rumah Sakit Atma Jaya, Dr. Devi⁣ Anggraeni, M.M., dalam pernyataan resminya‌ di Jakarta pada‌ hari Jumat.

Dalam acara peresmian yang diadakan pada Kamis‌ (6/6),‍ Anggraeni menjelaskan bahwa komplikasi penyakit pada lansia memerlukan penanganan serius dengan perawatan yang menyeluruh dan intensif.

Ini merupakan konsekuensi dari ⁤meningkatnya jumlah penduduk ​berusia di atas 60 tahun di Indonesia, yang saat‌ ini mencapai 20 persen dari total populasi nasional yang berjumlah sekitar 275 juta ​jiwa.

Menurut Anggraeni, ⁣hadirnya layanan dengan konsep ⁢”one-stop service” ini bisa menjadi solusi atas berbagai permasalahan kesehatan lansia. Sistem ini memudahkan pasien lanjut usia dalam mengakses berbagai layanan kesehatan dengan ‍lebih nyaman, termasuk bagi⁢ keluarga mereka.

Layanan yang​ ditawarkan meliputi‌ terapi sel, perawatan estetika, dan layanan homecare yang memberikan solusi efektif bagi pasien, serta mengurangi kelelahan yang dialami lansia saat harus menjalani perawatan.

“Layanan one-stop service memungkinkan koordinasi yang lebih baik⁢ dan cepat ⁢antar tim medis dan profesional​ kesehatan yang terlibat dalam perawatan pasien lansia,” tambahnya.

CEO Atma Jaya ‌Healthcare, Edward, juga menambahkan bahwa pusat layanan tersebut berperan‌ penting dalam mengimplementasikan pendekatan pengobatan holistik yang memperhatikan aspek fisik, mental,⁤ spiritual, dan sosial dari kesehatan. Mereka mengintegrasikan berbagai metode pengobatan, mulai dari yang⁤ konvensional hingga terapi alternatif.

Layanan Atma Jaya ​Geriatrics & Wellness Centre,‌ lanjutnya, menekankan pada pendekatan pencegahan dan pemeliharaan kesehatan,‍ sehingga ​membantu lansia menjalani gaya hidup yang sehat dan aktif sejak dini.

Program-program ‍pencegahan dan promosi kesehatan yang terus diselenggarakan diharapkan dapat⁢ membantu pasien dan masyarakat ⁣umum dalam menjaga kesehatan, mencegah⁢ penyakit, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.