Tokopedia ungkap tren belanja daring di wilayah Jawa Timur

Tokopedia ungkap tren belanja daring di wilayah Jawa Timur

Malang (redaksipil) – Tokopedia mengungkapkan berbagai tren belanja online di kalangan masyarakat Jawa Timur, termasuk produk-produk yang paling populer dibeli melalui platform ⁣mereka selama kuartal pertama tahun 2024.

Menurut Rizky⁤ Juanita Azuz, Communications Senior Lead⁣ Tokopedia, dalam konferensi pers di Malang, ⁤Jawa Timur, ⁣Selasa (4/6), berbagai produk makanan dan minuman, fesyen, serta olahraga dan hobi‌ menjadi yang terlaris di wilayah Jawa Timur dalam periode tersebut.

Ia menjelaskan bahwa beberapa ⁤produk fesyen ‌yang⁣ paling digemari‌ mencakup kulot anak, kardigan untuk Muslim, dan celana tidur.

Sementara itu, untuk produk makanan dan minuman yang banyak diminati⁤ antara lain minyak goreng dan gula. Dalam ​kategori olahraga dan hobi, produk ⁢yang sering dibeli meliputi diecast kapal, buku tanaman, dan buku ⁢misteri.

Jika dibandingkan dengan⁢ kuartal ⁤pertama 2023, pada kuartal pertama‌ 2024 terlihat adanya peningkatan‍ transaksi tiga kali ‍lipat untuk produk ⁢baju tidur, 2,5 kali lipat untuk produk hijab instan, dan lebih dari dua kali lipat untuk makanan dan keripik di ShopTokopedia di wilayah Jawa Timur.

Rizky juga menyebutkan bahwa terdapat perbedaan pola belanja daring di berbagai daerah‍ di Jawa Timur. Misalnya, di kawasan Malang, produk-produk dalam ‍kategori fesyen, makanan dan‍ minuman,​ serta rumah‍ tangga menjadi yang paling populer di Tokopedia.

Produk fesyen yang ⁢paling laris di‍ Malang antara lain ⁣rok plisket, ikat pinggang, dan jam tangan. Untuk kategori makanan⁤ dan minuman, produk‍ seperti minyak goreng, gula pasir, dan⁢ kopi saset paling banyak‌ dibeli. Sedangkan untuk ⁢produk rumah tangga, ⁣bantal, pompa galon elektrik, ‍dan keranjang⁢ sampah⁢ adalah ⁣yang terlaris.

Berdasarkan tren belanja online terkini, Tokopedia dan ShopTokopedia menggencarkan kampanye untuk mendukung pemasaran produk-produk yang⁢ dihasilkan oleh pelaku usaha lokal.

Kampanye ​Home Residing SALEbration‍ dilaksanakan guna mendukung usaha ⁢penjual produk kebutuhan rumah tangga dan dapur, termasuk ⁤tanaman hias dan⁤ bibit tanaman.

Selain ‍itu, program Dilayani‍ Tokopedia ditujukan untuk mempermudah penjual dalam menjangkau ‍pasar di luar kota atau pulau. Operasional penerimaan, pengemasan, pengiriman⁤ ke kurir, hingga penanganan kendala ⁢semuanya dikelola oleh⁤ Tokopedia.

“Penjual di Malang, misalnya, bisa memasarkan produknya ke masyarakat di luar​ Jawa Timur bahkan ke antar pulau melalui Dilayani ‍Tokopedia, yang⁣ salah satu gudangnya‌ terletak di wilayah Osowilangun,” kata Rizky.