Video podcast semakin diminati menurut Spotify

Video podcast semakin diminati menurut Spotify

Jakarta (redaksipil) – ⁤Platform ‌pemutaran audio,​ Spotify, mengungkapkan⁢ bahwa ​popularitas siaran video⁣ podcast semakin meningkat di kalangan ‌penggunanya. Angka pertumbuhan menunjukkan bahwa siaran podcast dalam ​format video kini sudah enam kali ‌lebih ‌banyak dibandingkan dengan format audio.

“Sejak format video ⁢podcast ‍diluncurkan di Indonesia dua tahun lalu,‍ kami selalu ​membayangkan ini akan menjadi tempat bagi kreator untuk berekspresi dan ​mengeksplorasi berbagai cara ​baru berinteraksi dengan pendengar,”⁢ kata Carl ⁤Zuzarte, Kepala Studio Spotify Asia Tenggara, dalam ⁣rilis pers yang diterima ‌di⁢ Jakarta,‍ Selasa.

“Kami sangat antusias melihat perkembangan format ini⁢ dan bagaimana perubahan kebiasaan pendengar dalam mengonsumsi konten podcast di Spotify,” tambahnya.

Salah satu alasan video podcast di Spotify semakin digemari adalah karena format ‍ini memungkinkan pengguna melihat ekspresi kreator, tanggapan narasumber, dan lokasi perekaman.

Format video podcast juga memberikan kreator kebebasan lebih⁣ untuk membangun interaksi dengan pendengarnya.

Dalam satu tahun terakhir,‌ terjadi pertumbuhan⁢ sebesar​ 24 persen dalam rata-rata streaming harian ⁣untuk podcast yang‍ berfokus pada tema Mitologi dan Horor di Spotify, termasuk Lentera Malam.

Para pendengar telah menjadi⁢ bagian integral⁢ dalam proses​ pembuatan⁢ episode Lentera Malam. ‌Adhit dan ‍Jamal, kreator Lentera‌ Malam, melibatkan pendengar⁣ dalam pembuatan episode ⁤berikutnya dengan memanfaatkan fitur-fitur di Spotify, termasuk Polls.

Dengan hadirnya format video podcast di Spotify, mereka bisa menciptakan ‌atmosfer yang lebih menakutkan saat menyampaikan cerita horor di ​Lentera Malam.

Meski episode podcast mereka tersedia ​dalam bentuk⁢ video, kemudahan navigasi antara format video dan audio ⁢di Spotify memungkinkan pendengar memilih ⁣untuk menonton atau hanya mendengarkan podcast mereka.

Sejak mengunggah⁤ episode pertama⁢ pada 28 Mei ⁤2020, jumlah pendengar Lentera Malam terus ‍meningkat. Lentera Malam bahkan dinobatkan sebagai Podcast Horor Terbaik tahun ini di Indonesia oleh WRAPPED 2023.